Membaca + Berpikir = Menulis

26 May 2012

_menulis3

Menulis, adalah sebuah karya yang lahir dari penyatuan dua aktifitas yang berbeda. Menulis adalah anak dari sepasang suami istri membaca dan berpikir. Kira-kira seperti itulah yang saya baca dari sebuah sumber. Membaca saja jelas tulisan tak bisa lahir, kalaupun lahir, akan lahir anak yang penuh dengan kekurangan disana sini. Begitu juga dengan berpikir, berpikir tanpa membaca hanya akan melahirkan anak-anak tulisan yang cacat.

Membaca dan berpikir, tak hanya melahirkan karya tulis yang luar biasa, tapi juga menciptakan pribadi yang luar biasa. Mari kita ibaratkan otak kita adalah sebuah gelas yang diisi air, jika gelas itu diisi air terus menerus maka airya akan meluber dan menggenang keluar dari gelas. Gelas adalah otak kita, air adalah seluruh bacaan kita, dan luberan itu adalah karya-karya kita. Bisa tulisan, bisa ceramah, bisa pemikiran-pemikiran yang mendalam tentang banyak hal. Kita bisa menciptakan semesta baru lewat luberan dan genangan air itu.

Saya pernah membaca dari sebuah sumber, bahwa seorang penulis juga harus menyiapkan arsitektur bangunan yang menarik. Caranya tentu saja dengan membangun terlebih dahulu cara berpikir kreatif pada diri sendiri. Ada beberapa cara yang bisa di coba dan lakukan untuk mendapatkan hasil berpikir kreatif :

Pertama, biasakan diri melihat persoalan dari banyak cara dan dan sudut pandang. Pakai prespekif baru, dan jangan segan-segan untuk meminjam cara berpikir orang lain. Maestro pelukis dan ilmuwan, Leonardo da Vinci mengatakan, untuk menambah pengetahuan tentang sesuatu, mulailah mempelajari dan menyusun ulang suatu masalah dengan cara yang berbeda. Seringkali masalah dapat disusun ulang dan terciptalah hal yang baru.

Kedua, bayangkan banyak hal. Ketika Einstein menemukan satu problem ia akan membayangkan berbagai angka dan kata-kata untuk memecahkan problem tersebut. Bayangkan beragam solusi yang mungkin terjadi.

Ketiga, meningkatkan produktifitas. Jangan takut gagal, ciptakan dan tuliskan sesuatu. Jangan takut salah, karena ketakutan pada kesalahan bisa jadi akan membunuh kreatifitas kita.

Demikianlah sedikit tulisan saya mengenai membaca, berpikir dan menulis. Saya tidak bermaksud untuk menggurui siapapun dalam tulisan ini. Saya hanya mencoba berbagi dari apa yang pernah saya baca sebelumnya. Semoga bermanfaat.


TAGS menulis pengertian menulis definisi menulis tips menulis manfaat menulis cara menulis tujuan menulis


-

Author

Follow Me