Arti Dari Warna Bunga Mawar

22 May 2012

_mawar1

Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi. Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tanaman mawar. Beberapa spesies mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

1. Mawar Merah
Mawar merah memang paling populer di antara mawar-mawar lainnya. Hampir setiap kali si dia datang membawa mawar merah untuk yang terkasih. Mawar merah memiliki makna cinta, kecantikan, keberanian, penghormatan, keromantisan, dan ucapan selamat. Maka, mawar merah ini sangat cocok untuk menyatakan perasaan cinta seseorang.

2. Mawar Putih
Mawar yang putih terlihat bersinar dan sangat cantik. Mawar putih banyak digunakan para pria untuk memuja wanita. Simbol dari jenis mawar putih ini adalah cinta sejati, kemurnian, kesungguhan, kelembutan, kesucian dan kerendahan hati.

3. Mawar Merah Muda/ Pink
Sebagai mawar favorit pilihan ke tiga, mawar merah muda ini memiliki warna yang menggemaskan, sangat menggoda dan membuat siapa pun yang menerimanya tersipu malu. Mawar pink melambangkan penghargaan, kebahagiaan, kekaguman, kelembutan, kasih sayang dan ucapan terima kasih sebagai seorang sahabat yang dekat.

4. Mawar Kuning
Mawar kuning disebut juga mawar persahabatan. Warna kuning yang tersimpan di balik keceriaannya menyimbolkan persahabatan yang sejati, kekaguman atas persahabatan, ucapan selamat datang, suatu awal yang baru dari sesuatu, kenangan indah yang tak terlupakan. Semangat persahabatan sejati tersimpan di dalam indahnya mawar kuning.

5.Mawar Oranye
Mawar ini mungkin jarang dijumpai, dan tak begitu populer. Namun pesan yang tersimpan di dalamnya begitu dalam, seolah seperti si dia ingin mengatakan “Aku ingin kamu jadi bagian di dalam hidupku.” Warna oranye atau jingga menyimbolkan gelora cinta yang menggebu-gebu, kekaguman yang luar biasa, dan rasa haus akan cinta.

6. Warna Peach
Mawar peach ini juga termasuk langka dan jarang ditemui. Namun si peach ini melambangkan kedekatan. Makna yang tersimpan di dalamnya merupakan pernyataan cinta sekaligus lamaran.

7. Mawar Kombinasi, rangkaian Mawar Putih dan Merah
Jika si dia memberikan rangkaian mawar putih dan merah, ini tanda cinta yang luar biasa. Si dia ingin Anda menjadi pendampingnya, orang yang selalu berada di sisinya. Kenyamanan, rasa bahagia dan kecocokan selalu ia rasakan ketika berdua.

Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber
mawar,
budidaya mawar,
mawar biru,
bunga mawar,
manfaat mawar,
mawar putih,
ciri ciri mawar,
mawar sharon,
mawar berduri


TAGS mawar budidaya mawar mawar biru bunga mawar manfaat mawar mawar putih ciri ciri mawar mawar sharon mawar berduri


-

Author

Follow Me